Cara menabung emas di Pegadaian lengkap dengan cara membeli emas dan cara mencairkan tabungan emas di Pegadaian ataupun cara invest emas di Pegadaian 2021

Ingin Nabung Emas? Ini Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara menabung emas di Pegadaian? Cukup dengan beberapa langkah mudah hal tersebut bisa dilakukan. Nabung emas Pegadaian ini dapat menjadi solusi investasi paling tepat khususnya untuk Anda yang tidak ingin investasi dengan prosedur berbelit-belit. 

Sebab, cara untuk nabung emas di Pegadaian tergolong sama sekali tidak sulit. Bahkan, sangat praktis untuk dilakukan. Selengkapnya, yuk simak pada bagian selanjutnya yang akan mengupas prosedurnya secara lengkap. 

Tutorial Cara Menabung Emas di Pegadaian 2021

Emas tergolong instrumen investasi yang prospektif sekaligus minim risiko. Pasalnya, harga dari emas tidak terlalu fluktuatif secara ekstrim. Melainkan, justru semakin meningkat di setiap tahunnya. Investasi emas di Pegadaian, selain mudah juga terpercaya keamanan serta kredibilitasnya. 

Dengan telah terawasi sepenuhnya oleh OJK dalam ranah lembaga keuangan non bank, Pegadaian siap membantu Anda mewujudkan investasi impian.  Adapun cara menabung di Pegadaian yang dapat dipakai sebagai investasi, sebagai berikut.

  1. Siapkan Semua Persyaratan

Cara buka tabungan emas di Pegadaian, dimulai dengan melengkapi semua persyaratan sesuai ketentuan yang ada. Syaratnya, meliputi identitas yang masih berlaku. Identitas ini dapat berupa KTP maupun paspor. 

Dengan catatan, harus masih berlaku sampai Anda melakukan pengajuan pembukaan rekening emas di Pegadaian. Syarat selanjutnya, harus untuk mengisi formulir yang ada. Lalu, jangan lupa untuk membayar biaya transaksi dari tabungan emas cara cek nama penerima blt bpjs

Setelah semua persyaratan itu terpenuhi, Anda dapat segera melakukan pengajuan pembukaan rekening. Yang mana bisa dilakukan secara offline langsung melalui kantor cabang maupun online lewat aplikasi Pegadaian Digital. 

Aplikasi tersebut bisa diunduh di Playstore serta Appstore. Manakala Anda memilih cara online, untuk memperoleh buku tabungan emas, cukup datang ke Pegadaian pembuka rekening emas. Di sana, akan ada instruksi selanjutnya dari petugas. Jangka waktunya, maksimal 6 bulan setelah pembukaan rekening dilangsungkan. 

2. Isi Formulir Pembukaan Rekening

Cara menabung emas di Pegadaian usai melengkapi semua syarat, serta menentukan metode yang akan dipakai adalah isi formulir pembukaan rekening. Akan muncul biaya administrasi sebesar Rp10 ribu yang harus Anda lunasi. Juga, biaya fasilitas titipan Rp30 ribu untuk 12 bulan. Biaya ini tergolong terjangkau atas benefit yang akan diperoleh. 

3. Terima Buku Tabungan Emas

Cara menabung emas di Pegadaian berbasis offline, jika Anda sudah mengisi formulir di outlet cabang, akan diserahkan buku tabungan emas. Dengan diterimanya buku tabungan ini, pembelian emas bisa segera dilaksanakan. Pembelian bisa dilangsungkan mulai dari 0,01 gram emas. Sehingga, tidak perlu jumlah besar sesuai dengan kehendak Anda. 

4. Order Cetak Jika Ingin Fisik Emas Batangan 

Cara investasi emas di Pegadaian berikutnya, jika Anda menghendaki fisik emas batangan, dapat melalui order cetak. Pilihan keping yang tersedia, antara lain 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Akan ada biaya cetak selaras seperti kepingan fisik emas yang telah dipilih. 

Untuk transaksi pencetakan emas batangan, saat ini hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang Pegadaian pembuka rekening. Dengan syarat, menyertakan buku tabungan asli beserta identitas diri yang asli pula. Jika ingin top up, bisa dengan memakai berbagai metode. Yakni, outlet Pegadaian, aplikasi Pegadaian Digital, ATM, atau agen Pegadaian. Batas top up dalam satu hari, minimal 0,01 gram maksimal 100 gram. 

Cara invest emas di Pegadaian lebih lanjut, apabila masih ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung dengan menghubungi call center Pegadaian. 

Setelah Tahu Cara Menabung Emas di Pegadaian, Beginilah Prosedur Mencairkannya

Berdasarkan cara beli emas di Pegadaian sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, lalu bagaimana cara mencairkan tabungan emas Pegadaian

Sama halnya dengan metode menabung emas di Pegadaian yang mudah, pencairannya juga tidak sulit. Caranya, yaitu dengan datang ke outlet Pegadaian pembukaan rekening tabungan emas. Setelah itu, akan ada instruksi lanjutan untuk Anda yang ingin mencairkan tabungan emas. Dalam hal saldo tabungan emas,  bisa ditransfer ke rekening tabungan emas lainnya. Sehingga, akan lebih memudahkan Anda. 

Praktis bukan cara membeli emas di Pegadaian maupun mencetak atau mencairkannya? Karena itu, investasi ini bisa menjadi alternatif yang pas untuk Anda.