Cara mengatasi ATM BRI terblokir tanpa ke Bank dan juga informasi cara blokir ATM BRI di 2022

Ini Dia Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

Menggunakan kartu ATM dalam transaksi sehari-hari memang sangat praktis. Selain untuk mengambil uang, kini nasabah juga bisa menyetor uang lewat mesin ATM. Jadi banyak aktivitas perbankan yang dulu hanya bisa dilakukan di bank, kini sudah bisa dilakukan secara mandiri dengan mesin ATM. Tapi pernahkah Anda bermasalah dengan kartu ATM? Biasanya masalah yang paling banyak ditemui adalah kartu ATM terblokir. 

Kalau sudah begini, nasabah tidak bisa mengakses mesin ATM sama sekali.karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi ATM BRI terblokir tanpa ke bank. Dengan begitu, nasabah bisa mencari solusi secara mandiri, tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga ke bank. Tapi sebenarnya apa penyebab ATM terblokir BRI bisa terjadi?

Ketahui Penyebabnya Sebelum Cari Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

Kartu ATM yang terblokir biasanya disebabkan karena salah memasukkan PIN hingga 3 kali. Kalau ini terjadi, pihak bank biasanya akan langsung blokir ATM BRI untuk menghindari aktivitas perbankan yang mencurigakan. Penyebab lainnya adalah karena permintaan pemilik kartu sendiri. Misalnya kartu ATM hilang, daripada ditemukan dan dipakai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sebaiknya pemilik kartu memblokir kartu ATM. Cara blokir ATM BRI melalui permintaan pemilik adalah dengan langsung menghubungi layanan pelanggan BRI. 

Selanjutnya pemilik kartu akan dibantu langsung untuk pemblokiran sementara. Penyebab lainnya kartu ATM terblokir adalah pihak bank sengaja memblokirnya bila telah terbukti aktivitas yang mencurigakan. Pemblokiran dari bank ini bisa dilakukan tanpa sepengetahuan nasabah, untuk menghindari penyalahgunaan transaksi oleh nasabah. Nah, setelah tahu penyebabnya, mari cari tahu cara membuka blokir ATM BRI tanpa ke bank di bawah ini. 

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank Via Website

Bila kartu ATM terblokir karena penyebab yang wajar, seperti salah memasukkan PIN, maka nasabah bisa membuka blokirnya sendiri. Tapi kalau terblokirnya karena aktivitas ilegal, tentu butuh metode lain yang harus didiskusikan dengan pihak bank. Untuk membuka blokir, bisa dilakukan lewat laman resmi BRI. Pertama, buka laman resminya di ib.bri.co.id, lalu login dengan memasukkan user ID, password, dan nomor validasi. 

Kemudian pilih menu Pelayanan Nasabah, lalu klik menu Enable/Disable Kartu. Masukkan password Internet Banking, lalu tekan OK. Pihak BRI akan mengirim SMS ke nomor ponsel aktif berupa notifikasi bahwa kartu ATM telah dibuka blokirnya. 

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank Via Aplikasi

Cara membuka blokir ATM tanpa ke bank yang kedua adalah melalui mobile banking BRI, BRImo Mobile. Cara ini akan lebih dilakukan jika nasabah sebelumnya sudah mengunduh aplikasinya di ponsel. Nasabah tinggal membuka aplikasi, login dengan menggunakan user ID dan password milik nasabah. Setelah masuk, pilih menu Pelayanan Nasabah, lalu pilih submenu Enable/Disable Kartu. Kemudian masukkan PIN BRImo Mobile, lalu klik Send. 

Sama dengan cara melalui website, sistem akan langsung mengirim SMS notifikasi berisi kartu ATM sudah tidak terblokir lagi. Jika masih ingin menanyakan info mengenai kartu ATM BRI yang terblokir, bisa langsung menghubungi layanan pelanggannya di nomor 14017 atau 1500017. 

Lalu bagaimana dengan bank lainnya? Pada dasarnya hampir semua bank memiliki peraturan yang hampir sama untuk mengatasi keamanan nasabah. Bila terdeteksi ada aktivitas kartu ATM yang mencurigakan, maka sistem akan langsung memblokir. Ini bisa juga terjadi pada kartu ATM BNI terblokir. Penyebabnya juga cenderung serupa, salah memasukkan PIN, kartu ATM yang hilang, atau diblokir oleh bank karena ada tindakan mencurigakan. 

Permintaan blokir ATM BNI bisa dilakukan dengan menghubungi layanan pelanggan BNI di nomor 1500046. Sementara cara mengatasi ATM BNI terblokir tanpa ke bank bisa dilakukan dengan cara menghubungi layanan pelanggan. Tapi sebelumnya, pastikan nasabah sudah mengingat PIN ATM yang benar. Karena kalau masih belum ingat, petugas BNI Call tidak bisa membantu. Dengan beberapa pilihan cara mengatasi ATM BRI terblokir tanpa ke bank yang disediakan oleh bank, nasabah bisa dengan mudah mengaktifkan kembali kartu ATM miliknya.