Cara mengecek bantuan BPJS lengkap dengan cara cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan di 2021

Cara Mengecek Bantuan BPJS Lengkap

Inilah cara mengecek bantuan BPJS. Sebagaimana diketahui, BLT BPJS kembali diluncurkan tahun ini. Untuk itu, ketahui lebih lanjut mengenai cara cek bantuan BPJS agar tidak tertinggal informasi. Yang mana melalui cara ini, Anda dapat mengetahui apakah masuk dalam penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan atau tidak. Maka dari itu, supaya dapat memperoleh informasinya secara komprehensif, yuk langsung saja cek informasinya sampai akhir di sini. 

Ragam Cara Mengecek Bantuan BPJS 2021

Bukan hanya satu jenis, melainkan cara mengecek BLT BPJS bisa dilakukan melalui beberapa alternatif metode yang berbeda. Antara lain, melalui aplikasi, website, SMS, serta kantor cabang. Dari sekian alternatif tersebut, Anda dapat memilih nana prosedur yang paling mudah. Maka dari itu, untuk menentukan cara mana yang akan dipilih, berikut uraiannya untuk masing-masing metode pengecekan. 

Cara Mengecek Bantuan BPJS Pakai Aplikasi 

Cara melihat bantuan BPJS, pertama bisa menggunakan aplikasi. Guna mengecek melalui aplikasi, peserta diharuskan untuk tah memasang aplikasi BPJSTK mobile di gadget pribadi. Apabila belum terpasang, unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut. 

Berhasil terunduh dan terpasang di perangkat, cara cek BLT BPJS dengan metode ini adalah proses registrasi. Setiap peserta wajib mengikuti registrasi atau pendaftaran agar bisa mendapatkan PIN. Adapun persyaratan yang harus dipersiapkan dalam hal pendaftaran di BPJSTK mobile, meliputi nomor KP yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan, NIK di e-ktp, nama, dan tanggal lahir. Nantinya, akan ada instruksi guna menginputkan data-data tersebut di tempat yang tersedia. 

Manakala sudah selesai registrasi, lakukan login dalam aplikasi. Pada BPJSTK mobile, Anda dapat melihat bagaimana status dari kepesertaan BPJS. Apakah itu aktif atau tidak aktif. Caranya, langsung saja klik bagian ‘Kartu Digital’. 

Kemudian, akan muncul status kepesertaan Anda. Jika statusnya aktif, maka ada peluang untuk menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi, sayang sekali jika statusnya tidak aktif, maka tidak ada harapan mendapatkan bantuan ini. 

Cara Mengecek Bantuan BPJS Lewat Website 

Cara mengecek dana bantuan BPJS selain memakai aplikasi, bisa juga lewat website. Cara cek bansos BPJS satu ini tepat sekali untuk Anda yang tidak ingin mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Langkah pertama, kunjungi link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kemudian, inputkan nama email user beserta sandinya secara selaras. Usai berhasil login, klik menu layanan yang ada di layar. 

Sementata itu, bagi Anda yang belum terdaftar, lakukan prosedur registrasi dahulu agar bisa mengakses website. Caranya, ketuk kolom registrasi yang ada. Lalu, ikuti semua instruksi yang tersedia mulai dari memasukkan nomor KP, NIK di e-ktp, nama, hingga tanggal lahir. Setelah tersubmit, akan diterima PIN yang dikirimkan ke Anda melalui SMS. Tinggal login memakai akun terdaftar, jangan lupa klik kolom layanan daftar kredivo tanpa npwp

Cara Mengecek Bantuan BPJS dengan Kirim SMS

Cara cek bantuan BPJS ketenagakerjaan opsi selanjutnya, yaitu melalui SMS. Jika Anda tidak ingin melakukan pengecekan dengan cara yang berbasis internet, metode ini adalah solusinya. Cukup dengan mengirimkan SMS, saldo dari BPJS Anda bisa diketahui. 

Cek penerima BPJS Ketenagakerjaan lewat cara ini, diawali dengan kirim SMS ke 2757. Format dari SMS yang dikirimkan tersebut, yakni DAFTAR SALDO#nomor KTP#nama#tanggal lahir#nomor peserta. Jangan lupa untuk memastikan bahwa yang Anda masukkan itu benar nomornya sesuai aslinya. Pada kolom tanggal lahir, pakai format dd-mm-yy. Sebagai contoh, tanggal lahir 1 Oktober 1997, maka menjadi 01-10-97. 

Cara Mengecek Bantuan BPJS dengan Langsung Datang ke Kantor Cabang

Cara cek nama penerima BLT BPJS, bukan hanya bisa melalui tiga opsi pilihan di atas. Namun, bisa juga dengan secara langsung mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Cek bantuan BPJS ketenagakerjaan melalui metode ini, Anda harus membawa persyaratan yang diwajibkan. Yaitu, kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan beserta e-ktp. Setelah datang ke kantor cabang, petugas akan mengarahkan Anda untuk mengikuti instruksi yang ada hingga akhirnya diperoleh informasi perihal BLT BPJS. 

Dari Cara Mengecek Bantuan BPJS, Ini Kriteria Penerima BLT BPJS

Berangkat dari cara cek nama penerima BLT BPJS yang telah disebutkan sebelumnya itu, perlu diketahui bahwa tidak semua pekerja bisa mendapatkan BLT BPJS. Adapun kriterianya, antara lain memiliki pendapatan kurang dari Rp5 juta per bulan. Kriteria selanjutnya, BLT gelombang ini diperuntukkan untuk pekerja yang telah terdaftar pada gelombang 1, tetapi belum mendapatkan bantuan di gelombang 2. Apakah Anda masuk kriteria yang telah ditetapkan? Apabila iya, jangan lupa implementasikan cara cek dapat bantuan BPJS guna mengetahui apakah bisa menerima BLT Rp1,2 juta atau tidak.