Cara mengetahui bank dari nomor rekening atau cara mengetahui cabang bank dan no kartu ATM BRI lengkap dengan alamat pemilik rekening 2022

5 Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening yang Bisa Dipilih

Ingin segera tahu bank tujuan dari rekening yang akan ditransfer memang kebutuhan. Harus tahu bagaimana cara mengetahui bank dari nomor rekening. Urgensinya untuk mengetahui apakah tujuan transfer kali ini ke bank yang sama dengan kita, atau berbeda.

Sebab terkadang proses transfer dibatasi dengan saldo yang tersedia. Karena harus ada biaya admin yang dibayarkan ketika transfer antar bank, cara mengetahui cabang bank dari no rekening jadi dibutuhkan.

Untungnya di kesempatan ini Anda akan menemukan caranya. Malahan akan ada beberapa cara yang bisa dijadikan pilihan. Pilih saja dengan bebas sesuai dengan mana yang dianggap paling praktis.

Ada cara mengetahui alamat pemilik rekening yang menggunakan mesin ATM, ada yang menggunakan aplikasi banking, juga ada yang bisa dilihat dari nomor rekeningnya saja. Tidak menutup kemungkinan ada info cara melacak penipu melalui nomor rekening untuk meningkatkan kewaspadaan sebelum transfer. Berikut satu per satu pilihan caranya.

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Melalui Mesin ATM

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan keberadaan mesin ATM. Apa yang perlu dilakukan sangatlah mirip dengan ketika Anda melakukan transfer.

Dimulai dari memasukkan kartu ATM, memasukkan PIN, dan pilih menu transfer uang. Kemudian masukkan nomor rekening yang ingin Anda cek tujuan bank nya. Setelah dimasukkan, klik Enter atau Lanjut di mesin ATM. Setelahnya akan muncul keterangan bank tujuan alias bank dari nomor rekening yang telah dimasukan sebelumnya.

Selain menggunakan cara ini, Anda bisa juga mengetahui setelah transfer dilakukan. Cara ini hanya berlaku jika memang Anda punya kebutuhan untuk mengirim uang ke nomor rekening yang ingin di cek. Setelah melakukan proses transfer seperti biasanya, Anda akan mendapatkan struk atau bukti berwujud kertas.

Di kertas inilah Anda bisa mendapatkan info kemana uang Anda ditransfer. Dengan begitu, akan diketahui bank mana asal nomor rekening tadi.

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Melalui Mobile/Internet Banking

Mungkin keluar rumah dan mencari mesin ATM untuk mengetahui bank dari nomor rekening tidak memungkinkan dilakukan. Kalau begitu, ada juga cara mengetahui nomor rekening orang lain dengan melalui aplikasi banking.

Berlaku untuk internet banking maupun mobile banking, dua-duanya bisa digunakan. Bicara soa bagaimana prosedurnya, sebenarnya cukup mirip dengan cara sebelumnya. Anda akan memasukkan nomor rekening sebagaimana saat transfer uang dilakukan.

Setelahnya akan muncul keterangan kemana atau ke bank mana uang Anda akan dikirimkan. Dari sinilah bisa diketahui bank apa sumber dari nomor rekening yang ingin Anda ketahui.

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Melalui Buku Tabungan

Sedangkan untuk cara mengetahui cabang bank BNI dari nomor rekening Anda bisa gunakan buku tabungan. Di buku tabungan atau rekening koran terdapat info yang sangat lengkap. Terutama untuk di bagian halaman awal, akan ada info di mana cabang bank tabungan dibuat, di kota mana, hingga alamat bank nya. Juga ada informasi pemilik tabungan.

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Mengetahui Kode Bank

Ada kode bank yang hanya dimiliki satu per satu bank saja. Alias, setiap bank sudah memiliki kodenya sendiri. Beberapa diantaranya adalah bank BRI yang memiliki kode 002, 009 untuk Bank BNI, 031 untuk Citybank, 008 untuk Bank Mandiri, dan masih banyak lainnya.

Dari kode bank saja Anda juga sudah bisa mengetahui bank dari suatu nomor rekening. Kode bank ini juga bisa Anda ketahui dari buku tabungan.

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Mengetahui Jumlah Angka Nomor Rekening

Jika selama transfer-transfer uang sejauh ini Anda cukup jeli, ternyata nomor rekening setiap bank memiliki jumlah digit yang berbeda-beda. Mengetahui cara mengetahui no kartu ATM BRI 16 digit ini akan sangat membantu kedepannya.

Seperti misalnya untuk Bank BCA, semua nomor rekening dari bank ini memiliki 10 digit. Ternyata bukan hanya bank itu saja yang memiliki 10 digit. Bank lain yang sama-sama memiliki 10 digit antara lain BTN Syariah, BRI Syariah, BNI, Bank Danamon, Danamon Syariah, Maybank, dan Muamalat.

Kemudian untuk yang memiliki 13 digit, ada bank CIMB Niaga dan Bank Mandiri. Diikuti dengan Bank BRI yang memiliki 15 digit. Kini Anda sudah tahu bagaimana cara supaya bisa mengerti asal bank dari sebuah nomor rekening. Kedepannya jika harus hitung biaya admin untuk transfer, ada atau tidak, bisa dipilih salah satu cara di atas.