Cara mengikuti pelatihan prakerja di Tokopedia yang sudah dibeli lengkap dengan cara beli pelatihan prakerja di Tokopedia 2022

Mau Upgrade Kemampuan Sebelum Kerja? Gabung di Tokopedia Prakerja Saja

Dunia kerja bisa diibaratkan seperti hutan rimba dimana yang paling kuat menjadi pemenang. Kuat di sini bukan hanya tentang fisik dan mental, namun juga kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk posisi yang ingin dilamar. Agar peluang Anda diterima di tempat kerja impian lebih besar, ada baiknya untuk meng-upgrade kemampuan dengan mengikuti kursus, pelatihan dan seminar di Tokopedia Prakerja

Program ini sebenarnya adalah upaya pemerintah untuk menaikkan kemampuan calon pekerja sehingga bisa lebih baik lagi dalam bidangnya dan punya daya saing yang tak kalah dengan tenaga kerja lain. Menggandeng Tokopedia sebagai partner penyalur beragam pelatihan, cara mengikuti pelatihan Prakerja di Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah.

  • Daftarkan Diri Anda di Tokopedia Prakerja

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti program pelatihan prakerja adalah dengan mendaftarkan diri di Tokopedia. Jika belum memiliki akun Tokopedia, Anda harus membuatnya terlebih dahulu dengan masuk ke laman utama. Namun jika sudah punya, log in saja ke akun Anda dan pastikan nomor ponsel sudah diverifikasi sebelum melakukan pembelian voucher. Setelah itu, masukkan kata kunci Kartu Prakerja di kolom pencarian laman tersebut.

  • Beli Voucher Tokopedia Prakerja

Setelah masuk ke laman Kartu Prakerja, di sana Anda akan melihat berbagai kategori pembelajaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dalam Bahasa Inggris misalnya, pilihlah kategori Bahasa. 

Selain Bahasa, ada kategori lainnya mulai dari Bisnis hingga Kesenian dan Sertifikasi. Sebelum melakukan cara membeli pelatihan prakerja di Tokopedia, pastikan Anda sudah memilih lembaga pelatihannya terlebih dahulu. Pilih Lihat Detail pada kelas yang Anda minati kemudian masukkan kode voucher promo jika ada. Untuk opsi pembayaran, Anda perlu lebih cermat karena harus memilih menu Lihat Semua dan mencari Kartu Prakerja di bagian Program Pemerintah

  • Lakukan Pembayaran Tokopedia Prakerja

Kini Anda sudah menemukan kelas dan juga opsi pembayaran Kartu Prakerja. Artinya, untuk langkah selanjutnya Anda harus tahu cara menyelesaikan pelatihan prakerja di Tokopedia. Setelah memilih opsi Kartu Pekerja, Anda akan diminta memasukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja yang dimiliki, kemudian klik Bayar. 

Tunggu dulu! Ini bukan akhir dari cara pelatihan prakerja di Tokopedia karena setelah memilih menu Bayar, Anda harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor Anda yang sudah terdaftar di Tokopedia. Jika transaksi berhasil, notifikasi akan muncul di laman yang diakses. Kode voucher bisa Anda lihat kembali di histori Top up & Tagihan maupun pada email yang sudah didaftarkan. Inilah akhir dari cara beli pelatihan prakerja di Tokopedia. Mudah, bukan?

  • Menggunakan Voucher Tokpedia Prakerja

Setelah sukses memiliki voucher pelatihan pada bidang dan kelas yang diinginkan, bukan berarti Anda langsung bisa mengikuti program tersebut. Ada cara mengikuti pelatihan prakerja di tokopedia yang sudah dibeli yaitu dengan menukarkan kode voucher tersebut ke lembaga pelatihan yang sudah dipilih tadi. Cara penukaran kode voucher ini bisa jadi berbeda antar lembaga sehingga akan lebih baik jika Anda langsung mengeceknya di halaman pelatihan atau masing-masing kelas yang dituju. Jika proses ini berhasil, Anda akan mendapatkan jadwal pelatihan yang harus diikuti. 

  • Selesaikan Pelatihan dan Beri Ulasan Tokopedia Prakerja

Jika benar-benar ingin mengembangkan kemampuan diri dalam segala bidang, pastikan Anda melakukan semua langkah dan cara ikut pelatihan prakerja di Tokopedia dan hadir dalam pelatihannya. Ada banyak ilmu baru yang bisa Anda dapatkan disini tanpa harus keluar rumah dan juga merogoh kocek dalam-dalam. Sebagai apresiasi atas program persiapan kerja pemerintah dengan Tokopedia ini, jangan lupa untuk memberikan ulasan dan penilaian begitu Anda selesai mengikuti pelatihan, kursus ataupun sertifikasi.

Indonesia diharapkan memiliki kualitas SDM yang semakin baik di tahun 2022 ini karena persaingan di dunia kerja terasa semakin ketat saja. Manfaatkan program prakerja dari pemerintah agar Anda memiliki nilai lebih di hadapan perusahaan tempat Anda menggantungkan mimpi dan harapan akan masa depan yang cemerlang.