Keistimewaan Ka'bah

Blog Single

Setelah kemarin kita membahas mengenai deskripsi dan sejarah didirikannya Ka'bah, hari ini Tim GoHajj akan membahas mengenai keistimewaan Ka'bah. Mengapa bangunan ini begitu sakral dan menjadi arah sujud dari seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia?

1. Karena Ka'bah merupakan titik sentral Bumi

Berdasarkan pengamatan Dr. Husein Kamaluddin, kota Mekkah al-Mukarramah berada di puncak jantung dunia yang melintasi semua tepian benua.

Arnold Keysrling, seorang peneliti juga berpendapat bahwa karena Mekkah berada di titik sentral Bumi, garis bujur kota Mekkah seharusnya menjadi garis dasar penetapan waktu internasional sebagai pengganti Greenwich.

Tidak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa matahari berada tepat secara vertikal di atas Ka'bah sebanyak dua kali dalam setahun. Pada waktu itu, bayangan segala sesuatu mengarah ke arah kiblat.

2. Karena keajaiban posisi Ka'bah

Allah berfirman, "Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam. Di sana terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) Maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah), amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam," (Q.S. Ali Imran: 96-97)

Nah, jadi keistimewaan Ka'bah ini telah dibuktikan dengan berbagai penelitian, serta disebutkan pula dalam firman Allah SWT.

Insya Allah, kita semua dapat diberi kesempatan untuk melihat Ka'bah secara langsung dalam ibadah haji dan umroh kita ya. Aamiin.

Nantikan post Tim GoHajj selanjutnya!

Foto: IlmFeed
Konten: Buku Atlas Haji dan Umroh karya Sami bin Abdullah al-Maghlouth