Daftar BPJS Ketenagakerjaan online lengkap dengan tahap pencairan blt BPJS Ketenagakerjaan

Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.idd Dapat BLT Rp 600 Ribu

Pemerintah mengadakan berbagai program untuk lapisan masyarakat yang berbeda-beda dalam rangka meningkatkan perekonomian mereka. Salah satu program pemerintah ini adalah Bantuan Subsidi Upah atau BSU. Bantuan dana ini ditujukan khusus bagi para pekerja swasta yang memiliki pendapatan di bawah Rp 5 juta per bulan. 

BSU merupakan salah satu bagian dari program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Pertama kali dimulai di tahun 2020, para pekerja swasta bisa mengecek infonya di sso.bpjsketenagakerjaan.go.idd dapat BLT Rp 600 ribu. Di lapak asik BPJS Ketenagakerjaan tersebut, para pekerja swasta bisa mengecek apakah nama mereka masuk ke dalam daftar penerima bantuan dana. Jika masuk ke dalam daftar, pekerja akan mendapatkan dana sebesar Rp 600 ribu. 

Tujuan Diadakannya BSU di sso.bpjsketenagakerjaan.go.idd Dapat BLT Rp 600 Ribu

Pemerintah menyelenggarakan bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan ini sebagai usaha ,e,ulihkan kondisi ekonomi nasional dalam rangka mendukung kebijakan uang negara untuk menangani pandemi Corona di tahun 2020. BSU merupakan stimulus yang dilakukan pemerintah dan pelaksanaannya merupakan kerja sama antara Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Diharapkan dengan adanya program BPJS Ketenagakerjaan BLT ini, pemerintah bisa membantu melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja swasta dalam penanganan dampak pandemi Corona. Selama masa pandemi, tak sedikit masyarakat Indonesia yang terdampak baik secara ekonomi, kesehatan fisik, dan kesehatan mental. Dibuatnya program ini diupayakan menjadi penyemangat agar para pekerja bisa terangkat kesehatan mentalnya, tetap kreatif, tidak menyerah, dan terus berkarya. BSU dimulai dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2020 dengan target penerima bantuan sebanyak 15.7 juta pekerja. Anggaran yang disiapkan adalah Rp 37.7 triliun. 

Tahap Pencairan sso.bpjsketenagakerjaan.go.idd Dapat BLT Rp 600 Ribu

Agar bisa disalurkan dengan baik, BPJS Ketenagakerjaan ditunjuk sebagai penyalur dana. Masyarakat yang merupakan pekerja swasta dan memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan, bisa mengecek daftar BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk melihat apakanh namaya masuk di dalam daftar. Tahap pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2020 terbagi menjadi 2, yang pertama di bulan Agustus sampai Oktober. 

Tahap kedua dilanjutkan di bulan November 2020. Di tahap pertama, realisasi dana yang tersalurkan adalah sebesar Rp 14.7 triliun yang diterima oleh 12.29 juta pekerja swasta. Jumlah ini sudah mencapai 99.11% dari target keseluruhan. Kemudian tahap yang kedua jumlahnya adalah Rp 14.6 triliun untuk 12.24 juta pekerja. Jumlah bantuan dana yang belum tersalurkan adalah Rp 29.4 triliun untuk 159.727 pekerja. 

Cek Status di sso.bpjsketenagakerjaan.go.idd Dapat BLT Rp 600 Ribu

Untuk memastikan apakah Anda termasuk ke dalam daftar penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan, bisa cek langsung daftar online BPJS Ketenagakerjaan di laman resmi BPJS Ketenagakerjaan. Ada 2 cara yang bisa dipilih, yaitu melalui aplikasi dan melalui website. Cara yang pertama melalui aplikasi BPJSTK Mobile, tentunya peserta harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu baik dari AppStore maupun PlayStore. Kemudian lakukan registrasi dan dapatkan PIN pribadi. Persyaratan registrasi adalah nomor KPJ yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan, NIK dari KTP elektronik, nama, dan tanggal lahir. Setelah registrasi selesai, peserta cukup login dan bisa cek daftar di menu Kartu Digital. 

Layar akan menampilkan daftar tersebut. Sementara untuk cek daftar BPJS Ketenagakerjaan BLT melalui website, cukup kunjungi alamat situsnya di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id lalu lakukan registrasi dengan mengisi formulir berisi data diri secara lengkap. Setelah berhasil terdaftar, peserta cukup login, lalu pilih menu Layanan, kemudian pilih submenu Kartu Digital. Daftar penerima BSU akan muncul di layar. 

sso.bpjsketenagakerjaan.go.idd Dapat BLT Rp 600 Ribu Tahun 2021

Meski program ini cukup sukses diselenggarakan di tahun 2020, namun program BSU tidak lagi dianggarkan di APBN 2021. Namun meski tidak dialokasikan secara khusus, pemerintah akan melihat perkembangan. Program bantuan subsidi upah ini dipastikan akan berlanjut, tergantung dari kondisi perekonomian nasional di tahun 2021. Jika memungkinkan, maka peserta dapat kembali cek sso.bpjsketenagakerjaan.go.idd Dapat BLT Rp 600 Ribu dan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.